Setiap Ramadan pasti bernuansa timur tengah, nah untuk mencicipi makanan timur tengah di bulan Ramadan ini engga perlu jauh jauh ke Arab, Turkey atau ke Mesir. Menu Ramadan bernuansa timur tengah tapi tetap dengan cita rasa Indonesia bisa dicoba lho di Cilacap, yakni Helsinki Kopi Aceh, disini bisa menikmati menu-menu khas Aceh. Kuliner Aceh biasanya identic dengan bumbu rempah yang banyak dan beragam membuat lidah kamu ketagihan bergoyang. Penulis mencoba mencicipi makanan khas aceh yang bernuansa timur tengah itu di Helsinki Kopi Aceh (Instagram : @helsinki_kopiaceh)

””Kuliner Khas Aceh Kaya Rempah – Rempah Bumbu Khas Indonesia dan Timur Tengah”

Menu yang disajikan di Helsinki Kopi Aceh ini sangat beragam dan porsinya besar besar, mungkin karena Aceh merupakan serambi mekkah jadi engga jauh beda kali ya dengan makanan yang di Mekkah tapi masih cocok kok dilidah orang jawa.

usman/foto

“”Menurut penulis, lidah orang jawa adalah indicator keumuman cita rasa manusia Indonesia, jadi kalau orang jawa doyan berati makanan tersebut bisa buat semua kalangan ethic (hehe)””

Kebetulan penulis adalah orang jawa yang doyan banget makanan khas Aceh di Helsinki Kopi Aceh ini. Disediakan beberapa menu yang penulis pesan disini antara lain ;

1. Nasi Ayam Kebuli
Nasi ayam kebuli merupakan nasi yang dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis, nah seharusnya disajikan bersama daging kambing, tetapi di Helsinki kopi aceh ini spesialnya pakai ayam, jadi daging kambingnya diganti daging ayam, cukup lumayan sih harga seporsinya sekitar Rp 18,000 – 25,000 (karna akan launching setelah lebaran).

Nasi Ayam Kebuli

2. Nasi Ayam Tangkap
Nasi Ayam Tangkap merupakan nasi putih yang ditambahkan ayam goreng yang digoreng dengan bumbu – bumbu rempah khas aceh. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe, pada saat yang bersamaan, dimasukkan pula beberapa genggam daun yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam. (daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja). kemudian menutupi sajian ayam tangkap pada setangkup piring (harganya seperti ayam kebuli) belum launching harga kalau yang ini.

Nasi Ayam Tangkap

3. Mie Aceh Kepiting
Mie Aceh kepiting disini masih penuh rempah, ada pilihan Mie Aceh goreng atau tumis, sesuai selera, dan yang paling diunggulkan adalah antara kepiting dan mie nya itu dibikin sibuk makan kepiting, saking besarnya kepiting. Bisa dibayangkan Mie-nya sudah super jumbo ditambah daging kepiting yang masih segar dengan porsi jumbo, harganya cukup menarik Rp 35,000,- saja (lauching setelah lebaran).

Mie Goreng Aceh Kepiting

Pilihan menunya beragam tapi penulis hanya pesan 3 minuman saja :

Es Teh Tarik
Es GreenTea Tarik
Es Tarik

Serta camilan kami pilih:
Martabak Aceh
Sate Taichan
Roti Canai Kari.

Helsinki kopi aceh penjualnya orang aceh dari penyeduh dan tukang masaknya adalah asli aceh, hanya beberapa saja yang berasal dari Cilacap.
Lokasi Helsinki Kopi ini sangat strategis dan mudah dijangkau, yakni di kawasan kuliner jalan Katamso (ruko sebelah PLN Cilacap Kota), dari kejauhan memang tidak terlihat tempatnya karena belum ada tiang petunjuk (kata ownernya akan dibikin), harus jeli melihatnya karena biasanya kalau mau kesitu sering kesasar atau kelewatan. Ohya dulu Helsinki Kopi Aceh ini yang di Jalan Tidar kemudian pindah di Jalan Katamso.

Pengin lagi kulineran ala timur tengah di Cilacap. (usman/Juni)

Lokasi :
Helsinki Kopi Aceh
Jalan Brid. Katamso (ruko sebelah PLN Cilacap Kota)