Baru – baru ini, bus DAMRI Perintis membuka trayek barunya dari Pantai Teluk Penyu hingga Pasar Jetis Nusawungu, mnempuh jarak -/+ 50 KM dan hanya dibandrol dengan tarif Rp 15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah) saja. Dalih – dalih ingin menjadi pertama yg mencobanya, malah amsyong guehhh HAHAHA…. tapi semua itu ada hikmahnya….

Dengan Rute : Pantai Teluk Penyu / Benteng Pendem – Terminal Adipala – Pantai Sodong – Pantai Widrapayung – Pasar Jetis Nusawungu.

Jadwal Keberangkatan : Jam 5 Pagi – Jam 5 Sore, setiap 30 Menit sekali. (Operasi setiap hari)

Damri Perintis, perintis sendiri menurut KBBI =adalah pe.rin.tis [n] (1) orang yg memulai mengerjakan sesuatu; pelopor: (2) usaha pertama atau permulaan; pembuka jalan: penerbangan ~ ke daerah-daerah terpencil.

Damri Perintis sendiri dikutip dari https://damri.co.id/ adalah Layanan DAMRI ini biasanya dikenal sebagai layanan Perintis, yaitu layanan bagi penumpang yang berada di wilayah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan).

PULAU NUSAKAMBANGAN Selain menjadi tempat tahanan paling mengerikan bagi narapidana kelas AKAP ehh KAKAP maksudnya, di Pulau Nusakambangan ini juga terkenal dengan beberapa situs sejarahnya, yg paling terkenal ialah Benteng peninggalan penjajahan yg sudah berdiri lebih dari 1 Abad. Ada Benteng Karang Bolong dan Benteng Klinker, gw cuma sempet ke Benteng Karang Bolong aja, soalnya waktunya juga gabanyak…

Awal gweh mengunjunginya, gw belum tau kalo ternyata ni hutan cukup angker. Karena dahulunya, di Pulau Nusakambangan ini ada sebuah Benteng yg dibangun pada zaman penjajahan untuk melindungi serangan jalur laut, bahkan Benteng tersebut masih kokoh sampai saat ini. Bangsa Portugis membangun sebuah Benteng di Hutan Nusakambangan, dilengkapi dengan beberapa meriam yang mengarah ke Samudera Hindia.

Konsep Benteng ini boleh juga, karena berada di tengah hutan dan tidak terlihat, jadi sewaktu – waktu ada musuh yg datang dari arah laut Samudera Hindia, Meriam – meriam ini siap menembaknya. Gokill….. Manpus deh lu wkwkw Di Benteng ini terdapat beberapa ruangan, duh saya ga apal ruangan – ruangannya bro hehee, setiap ruangan tentunya memiliki fungsi masing – masing, salah satu nya ruangan penjara dan Ruang Penyiksaan! .

Duhh untung ajee sebelum gue kemarih, gue gabaca artikel yg mistis – mistis tentang Benteng ini, hahaha. Amsyong deh gueee…. Menurut sumber dari internet, benteng ini dibangun oleh Portugis, lalu dikuasai oleh Belanda, lalu diambil alih oleh Jepang, Namun pada Tahun 1945 , Jepang kembali ke asalnya karena sekutu menjatuhkan Bom Atom di Kota Nagasaki dan Hiroshima. Lalu benteng tersebut diambil alih oleh Indonesia.

CARA KE NUSAKAMBANGAN Dari Pantai Teluk Penyu, coba jalan kaki ke tempat paling ujung. Nanti banyak tuh perahu – perahu nelayan pada bersandar di pesisir pantai, biasanya si kita bakal di Tawarin. Tarifnya 30 Ribu sekali jalan. (Pulang Pergi = 60 Ribu).

Ke Nusakambangan hanya bisa pakai perahu saja, gabisa naik Kendaraan Pribadi maupun Ojek Online. Sekian, semoga bermanfaat !

Video ini, Dibuat : 2 Januari 2021
Diedit : 8 Agustus 2021
Diunggah : 9 Agustus 2021 01.00 WIB
—————————————————————————-
Jangan Lupa ikuti Instagram saya, yaa….
Instagram : @nugrohofebianto18 https://www.instagram.com/nugrohofebi…

Baim, adalah seorang blogger asal Kota Cilacap