Setelah melewati proses seleksi dan penjurian yang cukup ketat, panitia lomba esai ”Karya Kreatif Generasi Milenial” akhirnya mendapatkan nama-nama pemenang. Mereka berasal dari berbagai desa di Cilacap dengan latar belakang dan profesi yang beragam,

Sejak dibuka pada 27 Oktober 2018 dan ditutup 22 November  2018, panitia lomba menerima lebih dari 40 naskah. Naskah-naskah tersebut kemudian dikurasi tim editor hingga terpilih 10 naskah yang diterbitkan.

Dari naskah-naskah itu, panitia kemudian memberikan daftar nama untuk mempresentasikan esay nya di depan juri, dan dari hasil presentasi inilah keluar nama nama pemenang yang dinobatkan sebagai Esay Terbaik, Esay Favorit dan Esay Pilihan. 

Penilaian lomba didasarkan pada beberapa kriteria yang sudah ditentukan, seperti relevansi tema, orisinalitas gagasan, kualitas dan gaya penulisan, serta kreativitas dalam penyajian isi.

Berikut nama-nama finalis bedasarkan list dari Panitia :

1) Muhammad Astrio Akbar (Desa Salebu, Majenang) – “Salebu Extravaganza” Wadah Kreatif, Inovatif Masyarakat Desa Mengembangkan Industrinya.
2) Angra Sutrisna (Desa Adiraja, Adipala) – Inovasi Wisata Pertunjukan Seni Di Desa Adiraja.
3) Rizki Nur Viana (Kelurahan Tambakreja, Cilacap) – Warm Air Convection System Optimalisasi Tetas Telur Penyu Upaya Konservasi Pengembalian Ikon Wisata Pantai Kota Cilacap.
4) Syifa Nur Wakhidah (Desa Maos Lor, Maos) – Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Budidaya Sayur Mayur, Tanaman Obat, dan Budidaya Lele dengan Sistem Akuaponik Berbasis Kontrol “IWAK-TRONIK”.
5) Iskak Mashum (Desa Karangjengkol, Kesugihan) – “Ultra Insektor” Sistem Pengendalian Hama Wereng Cokelat (Nilaparvata Lugens) Menggunakan Kombinasi Gelombang Ultrasonik dan Insektisida Organik Ekstra Daun Gamal (Gliricidia Sepium)
6) Aji Kurniawan (Desa Ujungmanik, Kawunganten ) – Wisata Susur Sungai.
7) Fiki Nurnaila Fitriana (Desa Ujungmanik, Kawunganten) – Investasi Sampah Sumber Penghasilan Tambahan Desa.
8) Muhammad Fahiqul Imam (Desa Kalisabuk, Kesugihan) – Perangkap Hama Padi Berbasis Internet of Things Menggunakan Sumber Energi Solar Cell untuk Meningkatkan Produktifitas Padi di Desa Kalisabuk.
9) Putri Mayasari (Kelurahan Sidanegara, Cilacap) – Jangan Hanya Dikenang, Tapi Jadikanlah Peluang.
10) Ikhsan Tsalitsa Putro (Desa Mulyasari, Majenang )- Ngapak Sebagai Kekuatan Brand Lokal.

Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta Lomba Esai ini. Panitia juga memohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan lomba. Segala hal yang perlu diperbaiki akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan Lomba Essay ke depan.