Berkunjung ke Cilacap jangan lewatkan makanan lautnya yang enaknya super, nah kali ini tim traveling mycilacap.com mengajak para pembaca untuk mencicipi makanan laut (seafood) di desa wisatanya Cilacap. Desa Wisata Karangbanar merupakan sebutan oleh warga setempat dan kelompok sadar wisata, lokasinya di desa Jetis, kecamatan Nusawungu, jadi nama desa wisata karangbanar itu nama baru (makna nya apa lihat next artikel ya). Lokasi Desa Jetis kurang lebih 1 jam dari pusat kota Cilacap ke arah timur berbatasan dengan Kabupaten Kebumen.

kalau sudah di Jetis untuk menjangkau kawasan seafood yaitu di TPI Congot, disarankan ke timur arah kebumen lalu sampai ketemu perempatan jalan kecil belok kanan terus aja, carilah jalan arah Pantai Bungso, sebelum pantai bungso akan ditariki biaya parkir kalau hari libur Rp 5000, hanya ditariki biaya parkir saja, tidak ditariki biaya retribusi tempat wisata, atau mungkin tiket parkir itu sudah termasuk retribusi tempat wisata (tim belum ngecek).

Setelah sampai pantai Bungso langsung saja belok kiri, melewati budidaya udang, nah lalu ketemu pantai Jetis, di Pantai Jetis dekat TPI Congot. TPI Congot merupakan pasar ikan terbesar di Desa Jetis, TPI yang menjual berbagai macam hasil tangkapan laut nelayan tersebut pun menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau, hasil tangkapan yang dijual itu bisa langsung diolah oleh penjualnya, bisa dimasak saos tiram, saos padang bisa pula digoreng atau di bakar, kalau favorit tim sih yang bakar ditambahkan sambal kecap yang rasanya nylengkamin (ungkapan perasaan makanan yang enak bangetnya kebangeten; dalam bahasa cilacapan).

sumber : dok pribadi

Tim traveling mencoba memasuki salah satu rumah makan seafood di sebelah TPI persis namanya Monez. Monez tempat makan seafood legendaris di kawasan itu. Pesanan kami 20 ons ikan bawal laut, 1 kg cumi-cumi dan udang serta tambahan lain seperti nasi putih satu bakul lalu es teh, es jeruk, total kita habis Rp 160,000 dan itu kenyang banget.

Ikan bawal lautnya minta dibakar dan yang satunya digoreng, lalu dikasih sambal kecap yang super mantap dan lezat pastinya, sambal nya gurih, dan ikan nya pun bumbunya meresap karena sebelum dibakar dikasih bumbu terlebih dahulu, jadi saat proses “grill” rasanya makin mantap. Ikan yang asli dari tangkapan nelayan setempat ini masih fresh banget, boleh dicoba rasanya, kalau fresh itu tidak bikin enek dan lemak yang menggumpal sedikit, pokoknya enak parah deh, kita pengin kesana lagi (mudah mudahan ada yang mengajak lagi)

nah, buat para traveler yang berkunjung ke Cilacap, tidak usah bingung-bingung lagi, sekarang banyak pilihan makannan seafood yang tidak hanya di Kota Saja melainkan di pesisir desa di Cilacap ada Seafood yang sama lezatnya dengan yang di kota cilacap. So, Mari ke Cilacap. (usman)